ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA

  05 April 2017  |  DESA KEDUNGWUNGU

 Arah / Strategi

Arah / Strategi adalah cara untuk mewujudkan tujuan yang dirancang secara analisis, realistis, rasional, dan komprehensip. Strategi Pemerintahan untuk mencapai keberhasilan pembangunan sebagaimana yang diharapkan dalam misi dan visi maka strategi yang dilakukan Pemerintah Desa Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo adalah meningkatkan pembinaan kepada masyarakat dan aparat pemerintah desa yang diiringi dengan upaya-upaya atau kegiatan-kegiatan serta pendekatan-pendekatan yang berprinsip pemberdayaan yang mengarah kepada :

  1. Peningkatan pelayanan administrasi dan komunikasi serta meningkatan pelayanan sosial budaya dengan standart pelayanan prima, menyiapkan aparatur pemerintah kecamatan dan pemerintah desa yang berlandaskan kompetensi, kredibel, inovatif, dan mampu sebagai pelayan masyarakat, serta meningkatkan tertib administrasi pemerintahan, pembangunan, dan kemasya rakatan.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat, meningkatkan semangat persatuan dan gotong royong, serta harmonisasi antar seluruh lapisan masyarakat, meningkatan derajat hidup masyarakat, meningkatkan kualitas derajad kesehatan, pendidikan, dan meningkatkan daya beli masyarakat,
  3. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur perdesaan meliputi pemerataan dan peningkatan sarana fisik jalan, penerangan, air bersih, kesehatan, pendidikan, perekonomian, pemerintahan.

Adapun program kerja yang telah ditetapkan Desa Kedungwungu Kecamatan Tegaldlimo Tahun 2011 - 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pembinaan kepada masyarakat.
  1. Peningkatan pengembangan dan terciptanya peran serta masyarakat terhadap Pembangunan didesa.
  2. Pelaksanaan Tilik Dusun
  3. Pembinaan peningkatan kualitas lingkunagan sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat serta mendorong pemberdayaan masyarakat.
  4. Peningkatan pemberdayaan sosial keluarga miskin melalui peningkatan usaha ekonomi produktif dan usaha kesejahteraan sosial serta kelompok usaha bersama.
  5. Memfasilitasi program peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan serta perlindungan anak dan perempuan.
  1. Meningkatkan pembinaan kepada aparat pemerintah Desa.
  1. Mengikutsertakan aparat pemerintah Desa pada pelatihan pelatihan fungsional maupun kursus kursus tekhnis dalam upaya pemahaman fungsi serta peningkatan kualitas SDM.
  2. Mengupayakan program peningkatan kesejahteraan aparat pemerintah desa.

 

  1. Meningkatkan pembinaan kepada aparat pemerintah desa
  1. Melaksanakan dan peningkatan kualitas Musrenbang Desa da Musrenbang Dusun untuk upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Melaksanakan pelatihan pelatihan dan kursus dalam upaya peningkatan kualitas SDM aparat Desa.
  3. Menfasilitasi peningkatan kualitas, produktifitas SDM aparat Desa.
  1. Meningkatkan pelayanan umum masyarakat
  1. Meningkatkan pelayanan masyarakat dengan membentuk pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), kursus kursus dan kelompok belajar usaha.
  2. Menfasilitasi peningkatan pelayanan perijinan dan pemahaman hukum serta peraturan yang berlaku.
  3. Menfasilitasi pengembangan dan legalitas usaha bagi wirausaha baru.
  4. Peningkatan pelayanan tertib administrasi kependudukan dalam upaya mendorong terciptanya tertib administrasi penduduk, tersedianya data dan informasi penduduk yang akurat.
  1. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur dan atau sarana prasarana
  1. Melaksanakan dengan penuh tangungjawab pelaksanaan program ADD utamanya kegiatan pembangunan infrastruktur / fisik prasarana.
  2. Menggerakkan dan meningkatkan motivasi dan peran aktif masyarakat dalam memelihara sarana dan prasarana umum yang ada sehingga terjamin dan terjaga kelestariannya.
  3. Melaksanakan Musrenbang tingkat Desa dan Dusun dalam rangka mengakomodir rencana pengadaan, peningkatan dan perbaikan sarana kesehatan, sarana jalan desa, listrik dan jaringan air bersih.

Contact Details

  Alamat :   Jln. Sumberkepuh no. 20 Desa Kedungwungu Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi
  Email : kedungwungu3@gmail.com
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2017,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi